Berapa Sisa Sel Telur di Tubuh? Bisa Dicari Tahu

Kehamilan tidak dapat berlangsung tanpa ada sel telur yang sehat. Karenanya untuk pasangan yang tengah lakukan program kehamilan, perlu untuk memeriksakan dengan detil baik sel sperma ataupun sel telur bila kehamilan tidak kunjung berlangsung.

Untuk sel telur ini ada kontrol spesial, mengkalkulasi sisa jumlah sel telur pada badan. Kontrol itu diberi nama antral follicle count (AFC). Hal semacam ini diterangkan oleh dr. Yudhistya, spesialis obsteteri serta ginekologi dalam blognya.

Baca : cara menghitung usia kehamilan dalam minggu

" Wanita diberi telur mulai sejak lahir. Tapi jumlah telurnya cuma segitu. Tidak sempat jadi bertambah. Hingga satu hari, telur wanita juga akan habis. Saat itu berlangsung, masuk dalam periode menopause. Kurang lebih wanita juga akan di beri peluang menstruasi 400 kali. Masa subur 400 kali, seumur hidupnya, " ungkap dr. Yudhistya.

Untuk ketahui ada sisa berapakah sel telur pada badan, menurut dr. Yudhistya, dapat dikerjakan kontrol spesial. Kontrol ini dikerjakan dengan USG transvaginal, serta umumnya dikerjakan waktu menstruasi di hari ke-2 atau ke-3.

Dari kontrol USG itu nanti dokter dapat lakukan penghitungan sel telur pada badan. Dari hasil penghitungan, dokter juga akan berikan referensi program kehamilan yang pas untuk dikerjakan

" Sel telur juga akan dihitung, kiri serta kanan dijumlahkan, " tutur dr. Yudhistya.

Dari penghitungan telur lantas juga akan dikerjakan analisa lebih dalam berkaitan kesuburan. Bila sel telur kurang dari 4, jadi terbilang sangatlah rendah. Umumnya kesempatan berhasil hamil, baik alami, inseminasi, atau bayi tabung begitu kecil.

" Pada 4-9 termasuk juga rendah. Mungkin saja butuh dosis penyubur yang lebih tinggi supaya berhasil hamil. Lantas pada 10-13, sedikit dibawah rata-rata. Pada 14-21 termasuk juga normal, kesempatan subur serta hamil baik, " kata dr. Yudhistya.

Bila akhirnya pada antara 22-35 termasuk juga baik tetapi berisiko. Lebih gampang hamil, tapi juga lebih berisiko untuk kista serta hipestimulasi ovarium. Jika lebih dari 35, kesempatan hamil besar tapi resiko kista serta hiperstimulasi sel telur/ovarium tinggi.

Lihat Juga : cara mengetahui masa subur

Untuk dapat lakukan perhitungan ini, Anda mesti lakukan konsultasi lebih dahulu dengan dokter obgyn. Bila dokter terasa butuh untuk lakukan perhitungan jadi analisa antral follicle count (AFC) juga akan dikerjakan.

Sesungguhnya waktu seseorang wanita menjangkau umur 13 th. atau waktu haid pertama kalinya, badannya mempunyai 350. 000 sel telur. Sesudah sel telur masak serta tidak dibuahi, jadi juga akan meluruh lewat sistem menstruasi tiap-tiap bulannya sampai menopause.

Walau sekian lebih dari 99% sel telur juga akan mati sebelumnya terjadinya sistem pematangan (ovulasi). Hingga, diprediksikan wanita cuma mempunyai sekitaran 400 sampai 450 sel telur yang masak selama hidupnya. Tidak seperti pria yang sepanjang hidupnya dapat selalu menghasilkan sel sperma, kaum hawa tidak dapat menghasilkan kembali sel telurnya.