Antara Busi Motor, Injeksi dan Karburator Ternyata Berbeda

Sejalan perubahan tehnologi, sepeda motor dengan sistim karburator mulai ditinggalkan serta digantikan oleh hadirnya mesin injeksi. Tapi hingga saat ini, masihlah ada penduduk yang memakai motor bermesin karburator.

Lihat ini : perhitungan bep

Komponen pada mesin karburator tidak serupa dengan injeksi. Salah satunya perbedaannya yaitu pada busi. Biasanya busi buat mesin karburator dimaksud nonresistor spark plug, dan resistor spark plug buat injeksi.

Diko Oktaviano, Technical Dukungan PT NGK Busi Indonesia mengemukakan, dengan cara fisik tiada ketidaksamaan yang mencolok pada busi mesin karburator serta injeksi.

Sekurang-kurangnya ada tiga hal yang butuh Anda mengerti bab busi nonresistor serta resistor yakni :

1. Busi nonresistor difungsikan cuma buat mesin yang belum juga punya ECU (injeksi).

2. Busi resistor difungsikan buat jenis injektor (ECU) dengan kode R pada insulatornya.

3. Busi resistor dapat difungsikan buat mesin noninjeksi, tetapi busi nonresistor tdk dapat difungsikan di mesin injeksi.

Simak juga : cara menghitung nilai resistor

Salah pemasangan atau pemanfaatan dapat mengundang problem, lebih-lebih pada mesin motor. " Dampaknya seandainya nonresistor difungsikan di injeksi yaitu pengaruhnya ke resiko noise (problem) elektrostatis. Demikian sebaliknya, busi resistor dipasang di motor karburator tak ada persoalan, " jelas Diko.